Monday, September 9, 2013

Skincare 101


Hi! Kali ini aku mau membahas tentang Skincare. Terutama pada kulit berjerawat. Pengalaman masalah berjerawat dialami hampir semua orang termasuk aku sendiri.

Faktanya 80% orang dari umur 11-30 tahun rata-rata mereka mengalami masalah jerawat. Bahkan tidak sedikit yg mengalami masa jerawat dari umur 40-50 tahun.
So, lucky you, yang sama sekali gak punya masalah jerawat.

Apa penyebabnya?

Bisa dibilang penyebabnya banyak, tapi ada research yang bilang kalau jerawat itu bukan karena kulit kita yang kotor atau bahkan makan chocolate loh! Antara lain:
  • ·     Hormon disaat remaja, seperti disaat sedang haid 
  •       Hormon disaat masa kehamilan
  • ·     Greasy Make-up ( ...yang mengandung minyak)
  •       Heredity ( Keturunan)

Bagaimana cara mengatasinya?

Tentu dengan treatment seperti:
·     Menyebuhkan jerawat itu sendiri, dan mencegah jerawat baru.


Apa yang  menyebabkannya bertambah parah?

  • ·     Menggosok muka terlalu keras (disaat sedang mencuci muka jangan menggosok muka akan menyebabkan iritasi)
  • ·     Periode haid dimana sedang datang bulan
  • ·     Memencet jerawat


Share the Good-stuff! 

Disini aku juga  sharing mengenai obat jerawat yang sekaligus memutihkan kulit yang dijual bebas di berbagai website/instagram dan media social lainnya, dan bahayanya produk tersebut.

Siapa sih yang gak mau kulit putih dan bebas jerawat?

Dulu aku pernah pakai obat produk yang gaada namanya, bisa dibilang “racikan” sendiri dengan mengatasnamankan produk herbal dari A-Z. Harganya pun beda-beda dari yang paling murah sampai yang paling mahal. Faktanya kalau mau diperhatiin semua produk itu isinya sama dan cuma packing nya aja yg ngebedain atau ditambah serum/sabun muka dll.
Setelah memakai sebulan, kulit jadi bagus, gaada komedo, semua jerawat hilang dan memutihkan kulit secara drastis. Tapi lama kelamaan kulit muka jadi semakin putih dan bukan alami, karena putihnya pucet dan gak sama, sama putihnya kulit tangan. Karena banyak searching tetang bahayanya obat tersebut yang ternyata mengandung mercury. Lalu aku stop memakai produk itu.

FYI!: Bahaya zat-zat kimia seperti mercury yang merusak kulit itu dampaknya bukan jangka pendek, melainkan akan terlihat di jangka panjang nanti, seperti kanker kulit dll. Jadi mereka yg masih menggunakan produk tsb masih bisa bilang kalau produk yang mereka gunakan aman.

Sekali lagi disini aku hanya sekedar sharing for healthy skin. Lebih baik memiliki kulit wajah yang sehat daripada kulit wajah cantik dan bersih tapi hanya untuk sesaat.

“Kulit yang sehat itu pasti akan cantik sendirinya, tapi kulit yang cantik belum tentu sehat”.

Happy Monday, and GoodLuck!