Ini momen yang ditunggu-tunggu. Finally, webstore jenahara.com
sudah launching!
Di blog post ini aku mau berbagi pengalaman membangun proyek
webstore yang telah direncanakan dari lama.
Sudah beberapa bulan team Jenahara mulai mengerjakan projek
ini bersama SIRCLO,
perusahaan teknologi yang berjasa membangun webstore / toko online. Setelah
mengumpulkan sekian banyak data untuk memenuhi konsep yang kita dirancang,
akhirnya jenahara.com siap go public
akhir Juni lalu.
Sebenarnya rencana untuk membuat webstore ingin diwujudkan
dari lama, tapi tentunya team ku perlu fokus dulu ke pengaturan manajemen,
retail, dan franchise Jenahara di berbagai daerah. Selain itu, sepertinya kita
belum menemukan host yang cocok sampai akhirnya bertemu langsung dengan SIRCLO.
Mengelola penjualan dan pembelian melalui webstore itu banyak
manfaatnya, apalagi untuk menjangkau peminat dari berbagai daerah di mana
koleksi Jenahara belum available. Saat berbelanja melalui webstore, semua
proses dari awal mengunjungi situs, memilih produk, sampai memasuki tahap
pembayaran, sudah serba otomatis.
Dari sisiku, semua dipermudah dengan adanya perhitungan jumlah
stok, harga barang dan ongkos pengiriman secara langsung. Team ku akan menerima
laporan order dari sistemnya kemudian hanya perlu memproses setiap barang
sesuai dengan pesanan yang diterima.
Semua terasa teratur, efisien dan cost-nya jelas lebih rendah
dalam jangka panjang. Medium konvensional seperti bbm atau whatsapp sudah tidak
cocok lagi karena susah untuk check dan update setiap penerimaan order secara
manual.
Dari awal webstore ini dibentuk, aku bisa merasakan mudahnya
mengaplikasikan fitur-fitur yang SIRCLO
tawarkan, contohnya tampilan custom design, sistem manajemen order, manajemen
produk, proses pembayaran, pengiriman dan juga fitur marketing seperti mass
email, discounts dan special membership. Team ku tidak memiliki background
khusus IT sehingga ada keterbatasan dalam pengetahuan teknis soal pembuatan
website. Dengan dukungan SIRCLO, semua
serba user-friendly, kebutuhan sudah lengkap dan kami tidak perlu adjust
apa-apa lagi. Saat ini, tugas dari customer service cukup memantau traffic dan
mengamati setiap produk yang perlu diperhatikan.
Webstore juga mudah diakses melalui smartphone, tablet, dan
gadget lainnya
Walaupun sudah lama menggunakan social media seperti Facebook, Twitter, dan Instagram untuk
promosi brand Jenahara, aku rasa medium tersebut lebih cocok untuk sharing
hal-hal yang bersifat informatif seperti update events, koleksi terbaru, sales/promo,
dan juga sebagai fashion lookbook. Beda fungsinya sama webstore.
Saat ini team ku masih bekerja untuk melengkapi beberapa fitur
lainnya. Insya Allah dalam waktu dekat ini kita akan menambah shipping ke luar
negeri. So excited!
Untuk kalian yang berminat untuk membuat webstore sendiri, bisa
langsung mengunjungi website SIRCLO
di sini. Mereka
ada free trial selama 30 hari sehingga kamu bisa latihan mengelola webstoremu
sendiri selama periode gratis itu. Semoga bermanfaat ya
:)
Salam,
Jenahara
No comments:
Post a Comment