Monday, August 10, 2015

Membangun webstore jenahara.com bersama SIRCLO







Ini momen yang ditunggu-tunggu. Finally, webstore jenahara.com sudah launching!

Di blog post ini aku mau berbagi pengalaman membangun proyek webstore yang telah direncanakan dari lama.

Sudah beberapa bulan team Jenahara mulai mengerjakan projek ini bersama SIRCLO, perusahaan teknologi yang berjasa membangun webstore / toko online. Setelah mengumpulkan sekian banyak data untuk memenuhi konsep yang kita dirancang, akhirnya jenahara.com siap go public akhir Juni lalu.

Sebenarnya rencana untuk membuat webstore ingin diwujudkan dari lama, tapi tentunya team ku perlu fokus dulu ke pengaturan manajemen, retail, dan franchise Jenahara di berbagai daerah. Selain itu, sepertinya kita belum menemukan host yang cocok sampai akhirnya bertemu langsung dengan SIRCLO.

Mengelola penjualan dan pembelian melalui webstore itu banyak manfaatnya, apalagi untuk menjangkau peminat dari berbagai daerah di mana koleksi Jenahara belum available. Saat berbelanja melalui webstore, semua proses dari awal mengunjungi situs, memilih produk, sampai memasuki tahap pembayaran, sudah serba otomatis.


Di shop.jenahara.com kita juga menampilkan panduan berbelanja dari tahap awal hingga akhir.

Dari sisiku, semua dipermudah dengan adanya perhitungan jumlah stok, harga barang dan ongkos pengiriman secara langsung. Team ku akan menerima laporan order dari sistemnya kemudian hanya perlu memproses setiap barang sesuai dengan pesanan yang diterima.

Semua terasa teratur, efisien dan cost-nya jelas lebih rendah dalam jangka panjang. Medium konvensional seperti bbm atau whatsapp sudah tidak cocok lagi karena susah untuk check dan update setiap penerimaan order secara manual.

Dari awal webstore ini dibentuk, aku bisa merasakan mudahnya mengaplikasikan fitur-fitur yang SIRCLO tawarkan, contohnya tampilan custom design, sistem manajemen order, manajemen produk, proses pembayaran, pengiriman dan juga fitur marketing seperti mass email, discounts dan special membership. Team ku tidak memiliki background khusus IT sehingga ada keterbatasan dalam pengetahuan teknis soal pembuatan website. Dengan dukungan SIRCLO, semua serba user-friendly, kebutuhan sudah lengkap dan kami tidak perlu adjust apa-apa lagi. Saat ini, tugas dari customer service cukup memantau traffic dan mengamati setiap produk yang perlu diperhatikan.


            Webstore juga mudah diakses melalui smartphone, tablet, dan gadget lainnya

Walaupun sudah lama menggunakan social media seperti Facebook, Twitter, dan Instagram untuk promosi brand Jenahara, aku rasa medium tersebut lebih cocok untuk sharing hal-hal yang bersifat informatif seperti update events, koleksi terbaru, sales/promo, dan juga sebagai fashion lookbook. Beda fungsinya sama webstore.

Saat ini team ku masih bekerja untuk melengkapi beberapa fitur lainnya. Insya Allah dalam waktu dekat ini kita akan menambah shipping ke luar negeri. So excited!





Untuk kalian yang berminat untuk membuat webstore sendiri, bisa langsung mengunjungi website SIRCLO di sini. Mereka ada free trial selama 30 hari sehingga kamu bisa latihan mengelola webstoremu sendiri selama periode gratis itu. Semoga bermanfaat ya :)


Salam,


Jenahara

No comments:

Post a Comment